PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Kebun kelapa sawit foto/ilustrasi

08 November 2017 - 07:35:57 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 44

Sekarang Giliran Sawit Rakyat di Medan yang Diremajakan

08 November 2017 | Administrator img

InfoSAWIT, MEDAN - Setelah sukses melakukan peremajaan sawit rakyat dengan bantuan dana hibah sebesar Rp 25 juta/ha dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) di Musi Banyuasin, beberapa waktu lalu. Kini kabarnya giliran kebun sawit rakyat yang ada di Sumatera Utara bakal diremajakan.

Dikatakan Direktur Jenderal Perkebunan, Kementan, Bambang, Sumut menjadi provinsi kedua program peremajaan sawit petani menggunakan dana BPDPKS di Indonesia, usai menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Peremajaan Kelapa Sawit Provinsi Sumut dengan pihak yang berkepentingan termasuk pejabat kepala daerah pemerintah kabupaten/kota.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, lahan yang sudah siap diajukan baru seluas 1.214 hektare yang berlokasi di tiga kabupaten yakni Serdang Bedagai seluas 54 hektare dengan 38 pekebun di Desa Kutapinang.

Di Serdang Bedagai program peremajaan bemitra dengan PT Paya Pinang dan BNI. Adapun di Langkat dengan luasan 256,92 hektare dengan 114 pekebun bermitra dengan PT Perusahaan Perkebunan Nusantara atau PTPN 2 dan BRI.  Sementara di Kabupaten Labuhanbatu Selatan seluas 558,76 hektare dengan 278 pekebun yang bermitra dengan PT Nubika Jaya, Asian Agri dan BRI.

Menurut Bambang, pada 2017, luas usulan peremajaan di Sumut mencapai 8.083 hektare dari 11 kabupaten tetapi tidak semua usulan itu siap atau disetujui direplanting karena ada persyaratan yang belum dipenuhi. (T3)

Sumber : http://www.infosawit.com/news/7219/sekarang-giliran-sawit-rakyat-di-medan-yang-diremajakan