PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Buah kelapa sawit

10 Januari 2018 - 15:42:38 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 30

Sawit Masih Tumbuh Kendati Diprediksi Ekonomi Kaltim Melambat

10 January 2018 | Administrator
img

InfoSAWIT, SAMARINDA -  Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim), Harry Aginta mengungkapkan, prediksi harga batubara yang stagnan dan lebih cenderung stabil, bisa berdampak bagi perekonomian itu.Komoditas batubara merupakan penopang utama ekonomi Kaltim. Sebab itu kata dia, Pemprov Kaltim harus menjalankan agenda transformasi ekonomi bila mau melepaskan diri dari ketergantungan batu bara.

Tren ekonomi Kaltim sejak tahun lalu tercatat terus menurun. Sebagai contoh, pada triwulan pertama 2017 pertumbuhannya 3,9%secarayear on year (yoy), kemudian melambat di triwulan kedua menjadi 3,6%. Triwulan ketiga pun demikian turun di posisi 3,54%.

Dasar itulah yang membuat pihaknya pesimistis, perekonomian Kaltim akan tumbuh lebih baik kalau masih mengandalkan batu bara. Selain itu ekspor ke sejumlah negara pun berkurang. “Tiongkok sudah mulai kurangi stok batu bara untuk dikonsumsi, India juga, pengiriman ke sana di-reject (tolak, Red),” bebernya seperti dikutip Prokal.co.

Sementara, industri yang diprediksi tumbuh positif adalah perkebunan kelapa sawit. Harry menyebut, tahun ini akan ada penambahan sejumlah pabrik sawit baru. Alasannya, bahan baku sawit tersedia melimpah di Kaltim. (T2)

Sumber : http://www.infosawit.com/news/7575/sawit-masih-tumbuh-kendati-diprediksi-ekonomi-kaltim-melambat



Berita : Terkait