PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Buah kelapa sawit

14 February 2018 - 08:23:33 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 134

Sustainability Penting, Pengembangan Sawit Juga Perlu

13 February 2018 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA -Proses praktik berkelanjutan di Indonesia, utamanya untuk komoditas kelapa sawit telah melewati jalan yang cukup panjang. Misalnya, tutur Rudi Lamuru dari Forum Minyak Sawit Berkelanjutan Indonesia (Formisbi), ketika menerjemahkan ketentuan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) agar bisa sinergi dan diterima sesuai dengan regulasi di Indonesia membutuhkan proses diskusi yang cukup panjang dalam Indonesia Nation Intepretation Working Group (INA-NIWG).

INA-NIWG melibatkan seluruh pemangku kepentingan pada sektor komoditas kelapa sawit, termasuk menerjemahkan arti sustainability, menerjemahkan no deforestasi yang dikaitkan dengan hukum di Indonesia dan internasional.

Selama ini pelaku di Indonesia, kata Rudi, telah mencoba untuk terus menerapkan prinsip dan kriteria RSPO dengan baik, meskipun dalam perjalanannya, muncul inisitif baru minyak sawit berkelanjutan lainnya.

Jangan pernah menutup sejarah. GAPKI selaku asosiasi pelaku perkebunan kelapa sawit pernah mengganggap, penerjemahan sustainability sudah diluar konteks sebenarnya. “Sebab itu sebaiknya perlu membangun kerangka platform yang baik, dengan komitmen standar berkelanjutan yang tinggi. Penerapan sustainability itu penting, pengembangan sawit juga tidak bisa diabaikan,” tandas dia. (T2)

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait