PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Pohon Kepala Sawit

05 September 2018 - 09:29:12 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 49

Upaya Menekan Hilangnya Nitrogen Di Kebun Sawit

05 September 2018 | by : Administrator

InfoSAWIT, BALI – Nitrogen merupakan salah satu unsur hara yang diperlukan pada budidaya kelapa sawit. Persoalannya, perubahan iklim telah menyebabkan hilangnya Nitrogen yang berujung pada penurunan kualitas kelapa sawit.

Hilangnya Nitrogen membuat pengusaha kelapa sawit harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan Nitrogen. “Fokus ke siklus Nitrogen karena gangguan siklus Nitrogen pada tingkat global menjadi tantangan terbesar yang harus dihadapi,” kata peneliti dari CIRAD, Lenaic Pardon dalam sesi diskusi di seminar Internasional Minyak Sawit dan Lingkungan (ICOPE) yang dihadiri InfoSAWIT.

Dia menjelaskan, untuk industri sawit, kehilangan Nitrogen telah menimbulkan biaya. Walaupun telah dilakukan penarikan Nitrogen dari tanah, proses fluxes tetap terjadi. Dalam tandan buah kosong dekomposisi, fluxes Nitrogen sangat kompleks, terjadi dalam ruang dan waktu. Sebelum Pardon melakukan riset, sejatinya telah ada beberapa model. Akan tetapi belum komprehensif.

Untuk penelitian ini Pardon menggunakan tiga pendekatan, yaitu studi pustaka, model perbandingan dan analisis sensitivitas. Hasilnya, terlihat adanya fluxes internal yang tinggi antara kompartemen di perkebunan. Ia juga menemukan pencucian Nitrogen merupakan 80% penyebab hilangnya Nitrogen.

Selain itu, Pardon juga melakukan penelitian lain untuk melihat efek penambahan Nitrogen pada penanaman kelapa sawit. Ternyata hasilnya menunjukkan adanya dampak terhadap lingkungan.

Di samping itu, ia juga menggunakan pendekatan INDIGO dengan tahap identifikasi pengguna, menghilangnya Nitrogen ke dalam skor, menguji skenario apakah dapat menilai faktor-faktor tersebut. Terakhir, Pardon melakukan validasi. Ternyata ada beberapa batasan proses validasi.

Hasil studi menunjukkan bahwa tingkat pencucian Nitrogen tergantung pada waktu. Saat penelitian dilakukan saat kacang-kacangan penutup tanah (legume) telah tumbuh di kebun sawit. Rata-rata pelepasan Nitrogen adalah 60 kilogram per tahun dan hilangnya Nitrogen berkurang sampai usia kelapa sawit 12 tahun. (T1)

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait