PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
PSR, Membendung Perluasan Lahan Sawit Petani

02 Oktober 2018 - 06:59:41 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 106

PSR, Membendung Perluasan Lahan Sawit Petani

02 October 2018 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA - Direktur Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), Herdrajat Natawidjaja menjelaskan,  program peremajaan sawit rakyat (PSR), yang ditujukan bagi petani dengan kepemilikan lahan di bawah 4 hektar (ha), selain untuk meningkatkan jumlah produksi, secara umum bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Menurut Herdrajat, melalui peningkatan produktivitas dari luas lahan yang sama, PSR ini juga diharapkan dapat mencegah pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit baru, yang diduga dilakukan, diantaranya, melalui perambahan hutan dengan cara-cara yang dapat merusak lingkungan.

Sebab itu PSR ini mendesak untuk dilakukan karena produktivitas kebun sawit yang dikelola petani umumnya sangat rendah, hanya mampu memproduksi sekitar 2-3 ton minyak sawit (CPO)/ha/tahun atau jauh lebih rendah dibandingkan dengan tingkat produktivitas perkebunan kelapa sawit yang dikelola perusahaan swasta. Kondisi ini terjadi karena lahan sawit milik petani umumnya merupakan tanaman tua dan sebagian kebun sawit lainnya menggunakan bibit illegitim (palsu).

Tutur Herdrajat, peresmian Program Peremajaan Sawit Rakyat kali ini merupakan program kerja bersama pemerintah, yang dikoordinir oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian bersama-sama dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN), Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, beberapa pemerintah kabupaten di wilayah Riau, dan BPDPKS. (T2)

Sumber: https://www.infosawit.com