PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
  • Penyerahan Berita Acara Hasil Penilaian/Assessment dari Kepala Perwakilan BPKP Prov Kalbar kepada Direktur PT Perkebunan Nusantara XIII

  • Penyerahan Berita Acara Hasil Penilaian/Assessment dari Kepala Perwakilan BPKP Prov Kalbar kepada Direktur PT Perkebunan Nusantara XIII


10 Juli 2020 - 08:32:39 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 192
Last update : 10 Juli 2020 - 08:34:33

EXIT MEETING ASSESSMENT PENERAPAN GCG TAHUN 2019 PTPN XIII

10 July 2020

Pontianak - PT Perkebunan Nusantara XIII telah melaksanakan Exit Meeting atas kegiatan Assessment Penerapan GCG tahun 2019 di PTPN XIII (26/6) ditandai dengan penyerahan Berita Acara Hasil Penilaian/Assessment kepada Direktur PT Perkebunan Nusantara XIII dengan Nilai/Skor 76,979 (CukupBaik) oleh Kepala Perwakilan BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan di Kantor Direksi PTPN XIII. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP provinsi Kalimantan Barat dan tim auditor BPKP Provinsi Kalimantan Barat yang ditugasi sebagai Asesor GCG, Direktur PTPN XIII didampingi oleh Senior Executive Vice President Operation dan Senior Executive Vice President Business Support sertapara Kepala Bagian. Pada kesempatan ini juga hadir Pemegang Saham PTPN Grup yang diwakili oleh Direktur Produksi Holding Perkebunan Nusantara – PTPN III (Persero) serta Komisaris Utama dan Dewan Komisaris PTPN XIII melalui video conference.

Penilaian Penerapan GCG atau Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik dilaksanakan setiap tahun pada semua Badan Usaha Milik Negara sesuai Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-01/MBU/2011 dengan menggunakan parameter/indikator pengukuran mengacu kepada Surat Keputusan Sekretaris Menteri BUMN No. SK-16/S.MBU/2012 untuk menilai 5 Aspek yaitu: (1) Aspek Komitmen terhadap penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik secara Berkelanjutan (2) Aspek Pemegang Saham (3) Dewan Komisaris  (4) Direksi   (5) Pengungkapan Informasi dan Transparansi dan (6) Aspek Lainnya, dengan jumlah indikator penilaian: 43 indikator, 153 parameter dan 568 Faktor Uji Kesesuaian (FUK).

Metode penilaian Penerapan GCG ini menggunakan metode reviu dokumen, kuesioner, wawancara dan observasi dan dilaksanakan dengan standar waktu 35 (tiga puluh lima) Hari Kerja dan pada pelaksanaan tahun 2020, kegiatan assessment GCG dilaksanakan secara serentak seluruh PTPN Grup. Mengingat kondisi pandemic dan untuk efektivitas pelaksanaan penilaian, tahun ini wawancara tim Asesorkepada Dewan Komisaris PTPN XIII dilakukan secara Video Conference sedangkan untuk klarifikasi kepada Pemegang Saham, pihak Asesor menyampaikan daftar pertanyaan kepada BPKP Pusat yang mewakili PTPN Grup untuk mengklarifikasi atas parameter yang memerlukan klarifikasi. (Yanti)



Berita : Terkait